29/07/12

Sejarah CAPCTHA

CAPTCHA ? Hmm, barangkali dari kalian pernah direpotkan oleh keberadaan CAPTCHA. Ketika sedang menuliskan sebuah komentar di suatu forum atau blog kita diminta menuliskan kata - kata yang tidak bermakna atau tidak dapat dibaca sehingga kita harus mengulanginya lagi. Itulah CAPTCHA.

Contoh CAPTCHA

Tetapi CAPTCHA diiptakan bukan untuk merepotkan bahkan menyusahkan para pengguna internet. CAPTCHA diciptakan untuk tujuan yang baik, yaitu menanggulangi spam. Komputer harus memastikan bahwa yang sedang mengisikan suatu formulir adalah manusia bukan mesin spammer. Sebab sebelum CAPTCHA diciptakan para Spammer dapat menciptakan sebua mesin yang berjalan otomatis untuk mengisi formulir atau email sehingga terjadi spam dimana - mana.

Sejarah CAPTCHA dimulai pada tahun 2000. Adalah Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas J. Hopper dari
Carnegie Mellon University yang mengembangkan CAPTCHA dan kali pertama digunakan oleh Altavista dan Yahoo dengan tujuan untuk mencegah boot chatting secara otomatis dan pengiriman url secara massal. Istilah "CAPTCHA" sendiri berasal dari kata bahasa Inggris "capture", dan selain itu CAPTCHA juga merupakan singkatan dari "Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart"

Uji Turing sendiri pertama kali dikenalkan oleh Alan Turing, seorang professor di bidang matematika, logika dan kriptografi asal Inggris. Test Turing adalah tes standar dari artificial intelligence yang berdasakan mesin, di mana jika lulus tes ini maka suatu mesin dianggap berperilaku cerdas.

Umumnya CAPTCHA menggunakan teks yang berupa huruf dan angka dari citra terdistorsi yang muncul di layar atau kombinasi keduanya. Atau juga berupa pertanyaan-pertanyaan sederhana di mana pengguna diminta untuk menuliskan jawabannya di form yang disediakan, baik itu pertanyaan sederhana seperti 'bagaimana rasanya gula?' atau pertanyaan berbasis matematika. Namun pada perkembangan selanjutnya kecanggihan spammer mampu mengembangkan suatu program yang dapat membaca CAPTCHA berbasis teks ini.

Karena itu kemudian mulai dikembangkan CAPTCHA yang berbasiskan gambar. Dengan demikian computer akan menyajikan gambar dan menginstruksikan kepada pengunjung untuk mengeklik gambar yang dimaksud untuk memastikan bahwa mereka adalah manusia dan bukan mesin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar